Pengertian TELNET

Assalamualaikum wr. wb.
hay temen-temen,..ketemu lagi sama saya nina siti mu'anah,.
kali ini saya akan mengeposkan tentang TELNET.

Apa itu TELNET,..?


Telnet adalah protokol yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk memberikan fasilitas text-oriented interaktif dua arah komunikasi menggunakan koneksi virtual terminal. Data pengguna diselingi di-band dengan informasi kontrol Telnet dalam 8-bit berorientasi byte koneksi data melalui Transmission Control Protocol (TCP).

Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dimulai dengan RFC 15, diperpanjang di RFC 854, dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Internet Standard STD 8, salah satu standar Internet pertama. Nama singkatan "jaringan teletype".

Secara historis, Telnet menyediakan akses ke antarmuka baris perintah (biasanya, sebuah sistem operasi) pada remote host, termasuk yang paling peralatan jaringan dan sistem operasi dengan utilitas konfigurasi (termasuk sistem berbasis Windows NT).

[Klarifikasi diperlukan] Namun, karena kekhawatiran keamanan serius ketika menggunakan Telnet melalui jaringan terbuka seperti Internet, penggunaannya untuk tujuan ini telah berkurang secara signifikan dalam mendukung SSH.

Telnet Istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada software yang mengimplementasikan bagian klien dari protokol. aplikasi telnet client yang tersedia untuk hampir semua platform komputer. Telnet juga digunakan sebagai kata kerja.

Ketika Telnet awalnya dikembangkan pada tahun 1969, sebagian besar pengguna jaringan komputer berada di departemen komputer dari lembaga akademis, atau di fasilitas penelitian swasta dan pemerintah yang besar. Dalam lingkungan ini, keamanan tidak sebanyak perhatian karena menjadi setelah ledakan bandwidth dari tahun 1990-an.


telnet 5250

IBM 5250 atau 3270 workstation emulasi didukung melalui klien telnet kustom, TN5250 / TN3270, dan server IBM. Klien dan server yang dirancang untuk lulus IBM 5250 stream data melalui Telnet Umumnya lakukan mendukung enkripsi SSL, SSH tidak termasuk 5250 emulasi. Di bawah OS / 400 (juga dikenal sebagai IBM i), pelabuhan 992 adalah port default untuk telnet aman.


Data Telnet

Semua oktet Data kecuali 0xff dikirim melalui Telnet seperti. Oleh karena itu, aplikasi klien Telnet juga dapat digunakan untuk membangun sebuah sesi TCP baku interaktif, dan umumnya percaya bahwa sesi tersebut yang tidak menggunakan IAC (0xff, atau 255 dalam desimal) adalah fungsional identik. [Rujukan?] Ini adalah tidak terjadi, namun, karena ada jaringan virtual terminal (NVT) aturan lainnya, seperti kebutuhan untuk karakter telanjang carriage return (CR, ASCII 13) yang harus diikuti oleh NUL (ASCII 0) karakter, yang membedakan telnet protokol dari sesi TCP mentah. [klarifikasi diperlukan] di sisi lain, banyak sistem sekarang memiliki benar klien TCP baku, seperti netcat atau socat pada UNIX dan Putty pada Windows, yang juga dapat digunakan untuk manual "berbicara" untuk layanan lainnya tanpa perangkat lunak klien khusus. Namun demikian, Telnet masih kadang-kadang digunakan dalam layanan jaringan debugging seperti SMTP, IRC, HTTP, FTP atau POP3 server, untuk mengeluarkan perintah ke server dan memeriksa respon, tetapi dari semua protokol ini hanya FTP benar-benar menggunakan format data Telnet.

Perbedaan lain dari Telnet dari sesi TCP mentah adalah bahwa Telnet tidak 8-bit bersih secara default. mode 8-bit dapat dinegosiasikan, tapi oktet tinggi-bit-set mungkin kacau sampai mode ini diminta, dan itu jelas tidak akan diminta sehubungan non-Telnet. Modus 8-bit (dinamakan demikian opsi biner) dimaksudkan untuk mengirimkan data biner, bukan karakter meskipun. standar menunjukkan penafsiran kode 0000-0176 sebagai ASCII, tetapi tidak menawarkan artinya bagi oktet data yang tinggi-bit-set. Ada upaya untuk memperkenalkan dukungan karakter encoding switchable seperti HTTP memiliki, [8] tetapi tidak ada yang diketahui tentang dukungan perangkat lunak yang sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar