pengertian VIRTUALISASI

 Assalamualikum wr. wb.
kali ini saya akan memposkan tentang VIRTUALISASI.




A.PENEGRTIAN
virtualisasi adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal."
Istilah virtualisasi sudah digunakan secara luas sejak 1960-an, dan telah diaplikasikan kepada beberapa aspek komputer—dari keseluruhan sistem komputer sampai sebuah kemampuan atau komponen individu. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada "menyembunyikan detail teknis" melalui enkapsulasi.

B.LATAR BELAKANG
sebagian orang belum tau apa itu veirtualaisasi

C.MAKSUD & TUJUAN
agar tau apa itu virtualisasi
agar tau apa kegunaan virtualisasi

D.PEMBAHASAN
virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi,perangkat storage/penyimpanan data atau sumber daya jaringan.virtualisasi bisa diimplementasikan kedalam berbagai bentuk, antara lain :

  1. Network Virtualization : VLAN, Virtual IP (untclustering), Multilink
  2. Memory Virtualization : pooling memory dari node-node di cluster
  3. Grid Computing : banyak komputer = satu
  4. Application Virtualization : Dosemu, Wine
  5. Storage Virtualization : RAID, LVM
  6. Platform Virtualization : virtual computer 
Pembahasan kali ini akan menitikberatkan pada materi platform virtualization alias virtualisasi komputer dan sistem operasi.







Jenis virtualisasi perangkat-keras meliputi:

  • Para-virtualisasi : Perangkat keras tidak disimulasikan tetapi perangkat-lunak tamu berjalan dalam domainnya sendiri seolah-olah dalam sistem yang berbeda. Dalam hal ini perangkat-lunak tamu perlu disesuaikan untuk dapat berjalan.    
  • Virtualisasi sebagaian : Tidak semua aspek lingkungan disimulasikan tidak semua perangkat-lunak dapat langsung berjalan, beberapa perlu disesuaikan untuk dapat berjalan dalam lingkungan virtual ini.
  • Virtualisasi penuh : Hampir menyerupai mesin asli dan mampu menjalankan perangkat lunak tanpa perlu diubah.
E. KESIMPULAN
jadi virtualisasi itu bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik

F. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Virtualisasi

mungkin cuma itu yang bisa saya sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan


Wassalamualaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar